Penggunaan ozon generatar pada depot air minum

Penggunaan Ozon Generator dalam Air depot isi Ulang

Ozon adalah molekul gas alami yang mudah larut dalam air dan tidak beracun. Di alam, ozon ditemukan di lapisan luar dari atmosfir dan berfungsi sebagai tameng terhadap radiasi ultra violet sinar matahari yang dapat menyebabkan penyakit kanker kulit. Di permukaan bumi, ozon dikenali dengan aroma segar antiseptik yang muncul setelah hujan guntur. Ozon-lah yang menimbulkan perasaan santai karena menghirup udara segar dan bersih di sekitar air terjun dan di pantai yang berombak.

Ozon adalah molekul gas yang terdiri 3 atom Oksigen dan mempunyai rumus kimia O3. Molekul Ozon bersifat tidak stabil dan akan selalu berusaha mencari ‘sasaran’ untuk dapat melepaskan satu atom Oksigen dengan cara oksidasi, sehingga dapat berubah menjadi molekul oksigen yang stabil (O2). Karena sifat oksidatornya yang sangat kuat, maka Ozon sangat unggul untuk disinfeksi (membunuh kuman), detoksifikasi (menetralkan zat beracun) dan deodorisasi (menghilangkan bau tidak enak) dalam air dan udara.

Dalam hal disinfeksi / sterilisasi air, teknologi Ozon paling unggul dan sangat efektif. Ozon dapat menghancurkan kuman, bakteri, virus, jamur, spora, kista, lumut dan zat organik lainnya. Selain itu, juga dapat menetralisir zat organik / mineral yang berlebihan / beracun. Penggunaan Ozon tidak menghasilkan zat sisa yang membahayakan kesehatan. Bahkan sebaliknya, akan menambahkan kadar olsigen dalam air sehingga lebih segar dan sehat.

Selain itu, teknologi Ozon juga digunakan untuk meningkatkan kualitas air danau / tambak / sungai yang tercemar dan pengolahan limbah pabrik. Ozon juga menghilangkanbau tidak sedap di pabrik / rumah / kantor / mobil seperti bau asap rokok, bau cat, bau karpet baru, dsb. Pengobatan ikan dalam akuarium juga telah menggunakan teknologi ozon. Kolam renang dan spa modern menggunakan ozon untuk menjernihkan dan me4mbunuh kuman. Karenanya, iritasi mata / mata merah sehabis berenang tidak lagi menjadi masalah.

Aplikasi teknologi Ozon yang lain misalnya dalam industri pengolahan daging, dan proses pengawetan buah dan sayur dalam pengiriman. Daging, buah dan sayuran tersebut disimpan dalam udara yang berozon dan dicuci dengan menggunakan air berozon untuk mengurangi efek zat-zat beracunseperti pestisida / herbisida, untuk meningkatkan penampilan, kesegaran dan untuk memperlambat pembusukan.

Karena sifatnya yang alami dan ramah lingkungan, penggunaan teknologi Ozon akan terus berkembang dengan pesat. Ozon, hal sederhana yang mempunyai manfaat besar.
Depot air minum isi ulang adalah usaha industri yang merupakan proses pengolahan air baku menjadi air minum yang kemudian dapat di jual langsung kepada konsumen. Proses pengolahan air pada depot air minum isi ulang pada prinsipnya adalah proses penyaringan (filtrasi) dan proses pemusnahan mikroorganisme (desinfeksi). Proses penyaringan bertujuan untuk memisahkan kontaminan tersuspensi juga memisahkan campuran yang berbentuk koloid termasuk mikroorganisme dari dalam air, sedangkan proses desinfeksi adalah bertujuan untuk membunuh mikroorganisme yang tidak tersaring pada proses sebelumnya. .

Peralatan Depot Air Minum Isi Ulang

Alat-alat yang digunakan untuk mengolah air baku menjadi air minum pada depot air minum isi ulang adalah :

Storage Tank.
Storage Tank adalah untuk penampungan air baku yang dapat menampung air sebanyak 3000 liter.

Stainless Water Pump.
Stainless Water Pump adalah untuk memompa air baku dari tempat storage tank ke dalam tabung filter.

Tabung Filter.
Tabung filter mempunyai tiga fungsi, yaitu :

Tabung yang pertama adalah active sand media filter berguna untuk menyaring partikel-partikel yang kasar dengan bahan dari pasir atau jenis lain yang efektif dengan fungsi yang sama.
Tabung yang kedua adalah anthracite filter yang berguna untuk menghilangkan kekeruhan air dengan hasil yang maksimal dan efisien.
Tabung yang ketiga adalah granular active carbon media filter yang adalah karbon filter yang berfungsi sebagai penyerap debu, rasa, warna sisa khlor dan bahan organik.
Micro Filter.
Saringan air yang terbuat dari polyprophylene fiber yang berguna untuk menyaring partikel air dengan diameter 10 mikron, 5 mikron, 1 mikron dan 0,4 mikron yang bertujuan untuk memenuhi persyaratan standar air minum yang bersih dan sehat.

Flow Meter.
Flow Meter adalah alat untuk mengukur air yang mengalir ke dalam galon isi ulang.

Lampu ultraviolet dan ozon.
Lampu ultraviolet dan ozon berfungsi untuk desinfeksi/sterilisasi pada air yang telah diolah.

Galon isi ulang.
Galon isi ulang merupakan tempat atau wadah untuk menampung atau menyimpan air minum di dalamnya.

Pengisian tempat atau wadah dilakukan dengan menggunakan alat dan mesin serta dilakukan dalam tempat pengisian yang hygienis.

Persyaratan Proses Produksi Depot Air Minum Isi Ulang

Menurut Keputusan Menperindag RI Nomor 651 / MPP / Kep / 10 / 2004 tentang Persyaratan Teknis Depot Air Minum dan Perdagangannya, urutan proses produksi air minum di depot air minum isi ulang adalah sebagai berikut :

Penampungan air baku dan syarat bak penampung depot air minum isi ulang
Air baku yang diambil dari sumbernya diangkut menggunakan tangki kemudian ditampung dalam bak atau tangki penampung (reservoir). Bak penampung harus dibuat dari bahan tara pangan (food grade), yaitu bebas dari bahan-bahan yang dapat mencemari air. Tangki pengangkutan harus memiliki persyaratan yang terdiri dari :

Tangki khusus digunakan untuk air minum.
Tangki mudah dibersihkan serta di desinfektan dan diberi pengaman.
Tangki harus mempunyai manhole.
Tangki pengisian dan pengeluaran air harus menggunakan kran.
Selang dan pompa yang dipakai untuk bongkar muat air baku harus memiliki penutup yang baik, disimpan dengan aman dan dilindungi dari kontaminasi.
Tangki, galang, pompa dan sambungan harus terbuat dari bahan tara pangan (food grade), tahan terhadap korosi dan bahan kimia yang dapat mencemari air. Tangki pengangkutan harus selalu dibersihkan, disanitasi dan desinfeksi bagian luar dan setidaknya minimal 3 (tiga) bulan sekali.

Penyaringan Air Minum
Penyaringan bertahap terdiri atas:

Saringan berasal dari pasir atau saringan lain yang efektif dengan fungsi yang sama. Fungsi saringan pasir adalah menyaring partikel-partikel yang kasar. Bahan yang dipakai adalah butir-butir silica (SiO2) minimal 80%.

Saringan karbon aktif yang berasal dari batu bara atau batok kelapa berfungsi sebagai penyerap bau, rasa, warna, sisa khlor dan bahan organik. Daya serap terhadap Iodine (I2) minimal 75%.

Saringan/Filter lainnya yang berfungsi sebagai saringan halus berukuran maksimal 10 (sepuluh) micron.

Desinfeksi Air Minum
Desinfeksi dilakukan untuk membunuh kuman patogen. Proses desinfeksi dengan menggunakan ozon (O3) terjadi dalam tangki atau alat pencampur ozon lainnya dengan konsentrasi ozon minimal 0,1 ppm dan residu ozon yaitu sesaat setelah pengisian berkisar antara 0,06 – 0,1 ppm. Tindakan desinfeksi selain menggunakan ozon, dapat juga dilakukan dengan cara penyinaran Ultra Violet (UV) dengan panjang gelombang 254 nm atau kekuatan 25370 A dengan intensitas minimum 10.000 mw detik per cm².

Pembilasan, Pencucian dan Sterilisasi Wadah Air Minum
Wadah yang dapat digunakan adalah wadah yang terbuat dari bahan tara pangan (food grade) dan bersih. Depot air minum wajib memeriksa wadah yang dibawa konsumen dan menolak wadah yang dianggap tidak layak untuk digunakan sebagai tempat air minum. Wadah yang akan diisi harus disanitasi dengan menggunakan ozon (O3) atau air ozon (air yang mengandung ozon).

Apabila dilakukan pencucian wadah, harus dilakukan dengan menggunakan jenis-jenis deterjen yang tara pangan (food grade) dan menggunakan air bersih dengan suhu berkisar 60-850C, kemudian dibilas dengan air minum/air produk secukupnya untuk menghilangkan sisa-sisa deterjen yang dipergunakan untuk mencuci.

Pengisian Air Minum
Pengisian wadah yaitu menggunakan alat dan mesin serta dilakukan dalam tempat pengisian yang hygienis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sentralisasi dan Desentralisasi Pendidikan, dan Manajemen Berbasis Sekolah

Intensitas Cahaya

KONSEP DASAR FILSAFAT PENDIDIKAN