EDMODO

Langkah-langkah membuat akun Edmodo yakni sebagai berikut :
  1. Mendaftar di situs resmi Edmodo
Langkah-langkah cara membuat akun Edmodo untuk pembelajaran di kelas dimulai dengan melakukan pemdaftaran di situs edmodo.com. Kita bisa melakukan pendaftaran baik menggunakan browser Mozilla, Chrome, Opera dan lainnya baik melalui komputer, laptop maupun smartphone. Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan bahwa Kita memiliki koneksi internet yang lancar dan memiliki email pribadi yang nantinya dibutuhkan dalam proses pendaftaran.
  1. Memilih tipe akun edmodo yang sesuai
Ketika menjalankan langkah-langkah cara membuat akun Edmodo untuk pembelajaran di kelas, Kita bisa melihat bahwa aplikasi Edmodo menyediakan 3 pilihan user yakni I’m a Teacher (akun untuk guru), I’m a Student(akun untuk murid) dan I’m a Parent (akun untuk orang tua). Orang tua bisa memantau perkembangan belajar anak dengan memasukkan kode dari akun edmodo masing-masing murid. Dengan mendaftar menjadi member Edmodo, orang tua berperan aktif dalam perkembangan proses belajar anak. Orang tua bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan anak sehingga bisa mencari solusi yang terbaik demi perkembangan anak di masa depan.
  1. Mendaftar sebagai Teacher (Guru) di edmodo
Bagi guru yang sedang membuat akun Edmodo, langkah berikutnya adalah mencari sekolah tempat mengajar. Setelah menemukan dan dipilih, selanjutnya kita perlu memasukkan profil lengkap kita. Berikutnya kita tinggal memverifikasi akun kita. Nantinya kita akan mendapatkan sebuah code group yang akan kita share ke siswa untuk memualai suatu pembelajaran.
  1. Mendaftar sebagai Student (murid) di edmodo
Langkah-langkah membuat Edmodo selanjutnya yakni mendaftar sebagai murid dengan memilih opsi “I’m a Student”. Kita akan diarahkan menuju halaman registrasi untuk mengisi formulir pendaftaran. Di halaman pendaftaran tersebut, Kita harus memasukkan data diri nama lengkap (nama depan dan belakang), group code, username, email dan password. Untuk kode group code, Kita bisa menanyakannya langsung kepada guru Kita. Mekanisme group code dibutuhkan untuk menghindari adanya orang lain yang masuk ke dalam group sehingga Edmodo menyediakan kode khusus yang bisa dipakai oleh guru dan murid.
  1. Pendaftaran edmodo selesai
Langkah-langkah cara membuat akun Edmodo untuk pembelajaran di kelas sudah selesai ketika Kita telah mengisi semua data dengan lengkap dan menekan tombol “Sign Up For Free”. Kini, Kita sudah memiliki akun Edmodo yang siap digunakan.

Manfaat Edmodo Bagi Pembelajaran Siswa

Setelah mengetahui cara membuat akun Edmodo, Kita tentu bertanya-tanya apa saja yang bisa Kita dapatkan ketika menjadi member Edmodo? Dengan membuat akun Edmodo, ada beberapa manfaat yang bisa Kita peroleh, diantaranya sebagai berikut :

·         Guru bisa berbagi materi pelajaran secara online dengan mudah.

Dengan menggunakan Edmodo, guru bisa memasukkan unsur video, suara maupun gambar ke dalam materi pelajaran dengan mudah demi membantu pemahaman siswa. Murid juga bisa memahami materi yang diberikan dengan mudah karena materi pelajaran tersebut bisa diunduh secara gratis. Materi pelajaran yang berupa ebook maupun video dan gambar jauh lebih mudah dipahami oleh siswa dan bisa diakses dimana saja tanpa harus membawa berbagai buku yang berat di dalam tas. Jadi, sepanjang murid dan guru berada dalam satu grup, maka orang tua murid bisa dengan mudah  berinteraksi dan memantau proses belajar anak.

·         Edmodo bisa menjadi sarana komunikasi yang praktis

Edmodo sebagai sarana komunikasi dan diskusi yang efisien dan praktis bagi murid, guru dan orang tua murid. Dengan membuka aplikasi Edmodo di komputer maupun smartphone, orang tua murid bisa mengetahui perkembangan belajar anak serta berkomunikasi dengan guru mengenai kekurangan maupun kelebihan anak. Orang tua murid yang memahami kesulitan yang dihadapi oleh anak akan lebih mudah memberikan support yang dibutuhkan dan mencari solusi bagaimana anak bisa belajar dengan lebih baik. Langkah-langkah cara membuat akun Edmodo untuk pembelajaran di kelas yang mudah dan praktis membuat orang tua bisa turut serta berperan aktif dalam mendorong semangat belajar anak.

·         Sarana yang tepat untuk mengajukan quiz maupun ujian online.

Keuntungan menggunakan aplikasi e-learning seperti Edmodo adalah guru bisa memberikan ujian maupun quiz dengan mudah kapan saja dan dari mana saja. Tak seperti sistem pembelajaran konvensional yang menuntut adanya tatap muka dan batasan waktu dalam memberikan materi, dengan aplikasi ini guru bisa dengan mudah memberikan quiz maupun ujian ketika murid dinilai sudah memahami materi pembelajaran.

Fitur Apa Saja yang Ada di Dalam Edmodo?

Di samping memahami cara membuat Edmodo, Kita juga perlu memahami fitur-fitur yang terdapat di dalam Edmodo. Fitur-fitur yang ada di dalam Edmodo bisa Kita manfaatkan secara optimal untuk bisa menunjang proses penyampaian materi pelajaran dan proses pembelajaran murid-murid. Beberapa fitur di dalam Edmodo yang Kita perlukan dalam proses penyampaian materi dan pembelajaran misalnya :

·         Library

Fitur Library memungkinkan guru untuk mengunggah materi pelajaran seperti gambar, presentasi, video, sumber referensi dan lainnya. Apabila guru maupun murid memiliki link referensi, mereka bisa menyimpan link tersebut di dalam library sehingga mudah dipakai kembali di lain waktu.

·         Assignment

Fitur ini digunakan oleh guru untuk memberikan tugas kepada para muridnya secara online lengkap dengan fitur deadline, file attachment, maupun tombol “Turn in” yang menkitakan bahwa siswa sudah menyelesaikan tugas tersebut.

·         Gradebook

Di sekolah ada buku rapor murid, di Edmodo ada fitur Gradebook yang memiliki fungsi yang sama. Dengan menggunakan fitur ini, guru bisa memberikan penilaian kepada siswa secara otomatis dan manual serta memantau hasil belajar dari seluruh siswa yang ada di dalam grup. Sebagai guru, Kita memiliki akses penuh terhadap fitur Gradebook ini. Sedangkan untuk siswa mereka hanya bisa melihat hasil rekap penilaian dalam bentuk penilaian langsung maupun grafik.

·         Parent Code Edmodo

Fitur Parent Code merupakan fitur yang ditujukan untuk orang tua murid. Dengan fitur ini, orang tua bisa memantau perkembangan pembelajaran anak dan melihat hasil rekap dari guru. Untuk bisa mengakses fitur ini, Kita harus meminta Group Code dari guru maupun mengklik nama kelas/grup anak ketika melakukan langkah-langkah membuat akun Edmondo.
A. Pendaftaran Guru

Membuat akun sebagai guru maka klik tombol I’m a Teacher. Isi form registrasi dengan data nama depan, nama belakang, email dan password lalu pilih tombol sign up untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Konfirmasi pendaftaran akun dikirim ke email beserta petunjuk pengaturan akun Edmodo.
B. Pendaftaran Siswa
Pembuatan akun siswa diperlukan kode grup untuk bergabung disebuah kelas atau mata pelajaran. Kode grup terdiri dari 6 digit, yang diperoleh dari guru yang telah membuat kelas atau mata pelajaran. Selanjutnya siswa dapat membuat akun dengan memilih tombol I’m a Student sehingga tampil seperti gambar di bawah ini :
Baris pertama di form pendaftaran siswa diisi dengan 6 digit kode grup. Setelah itu siswa mengisikan username dan password yang unik. Memasukan nama depan dan nama belakang, sedangkan email boleh dimasukan atau dikosongkan. Terakhir klik tombol Sign up untuk mendaftarkan akun siswa.
C. Pengaturan akun
Dari halaman pengaturan akun dapat mengatur untuk mendapatkan pemberitahuan/notifikasi, mengatur keamanan dan mengatur profil. Klik menu drop down acoount pada sudut kanan atas halaman Edmodo.
Pilih menu setting untuk mengatur hal berikut ini :
1. Mengubah foto profil untuk menggunggah foto dari komputer atau menggunakan ikon yang telah disediakan.
2. Mengubah informasi pribadi untuk menambahkan atau mengubah nama beserta alamat email.
3. Mengubah kata sandi (password).
4. Menentukan sekolah.        
5. Menentukan notifikasi terdiri dari 3 pilihan yaitu tanpa notifikasi, notifikasi melalui email dan notifikasi melalui SMS/teks.
6. Tipe notifikasi untuk memilih tipe pemberitahuan yang akan diterima dengan cara memberit anda centang di kotak terhadap satu atau beberapa pilihan diantaranya :
a. Alerts untuk setiap ada tanda atau indikasi peringatan.
b. Notes untuk setiap ada anggota dari kelas yang mengirimkan notes.
c. Direct Message untuk setiap ada anggota dari kelas yang mengirimkan pesan pribadi.
d. Replies untuk setiap ada anggota kelas yang membalas notes dari anggota lainnya.
e. New Group Members untuk setiap ada anggota baru di kelas.
f. Group Join Request untuk setiap ada permintaan bergabung di grup kelas/mata pelajaran.
7. Privacy untuk memblok semua permintaan koneksi/pertemanan atau membuat profil dapat dilihat oleh jejaring pertemanan pribadi.
D. Pemberitahuan / Notifikasi
Bagian notifikasi terletak di pojok kanan atas halaman depan Edmodo. Guru dan siswa dapat melihat kegiatan-kegiatan yang akan datang, balasan terhadap notes yang diposkan, alerts dan pesan pribadi dari guru dan siswa. Untuk guru dapat melihat apakah ada notifikasi jika ada anggota baru bergabung, guru yang ingin berkoneksi, jika ada tugas yang telah diunggah siswa. Untuk siswa, bagian notifikasi akan terlihat jika ada tugas tersedia dalam waktu dua minggu dan menunggu untuk dikerjakan. Siswa juga dapat melihat notifikasi nilai yang sudah diberikan oleh guru terhadap tugas yang telah dikerjakan.
E. Membuat Grup/Kelompok
Untuk membuat grup, pilih create di panel sebelah kiri halaman depan Edmodo. Isi identitas yang diperlukan, klik tombol create dan akan tampil 6 digit kode grup. Kode ini yang diberikan kepada siswa yang akan bergabung di grup. Jika siswa telah memiliki akun Edmodo, mereka bisa langsung bergabung dengan klik join yang ada di panel grup sebelah kiri halaman Edmodo mereka.
F. Mengunggah Bahan Ajar di Library
Library selayaknya perpustakaan di sekolah. Sebagai guru, Anda bisa mengunggah dokumen maupun link situs sebagai referensi bagi siswa. Anda juga dapat mengaturnya dalam folder-folder untuk memudahkan akses bagi setiap kelas.
a. Masuk ke kelas yang telah dibuat, kemudian klik create and share folder with this group in the Library.
b. Muncul halaman library . Klik new untuk membuat folder baru.
c. Tentukan nama folder dan kelas mana saja yang dapat mengakses folder tersebut lalu klik create.
d. Kembali ke halaman library, klik untuk menambahkan file atau referensi lain. Muncul jendela upload to library.
Beri tanda (mark) add to folder apabila Anda ingin menambahkan pada folder. Klik tab Files untuk menambahkan file, kemudian klik upload untuk mulai mengunggah. Apabila referensi yang ingin ditambahkan berupa link, klik tab link untuk memasang link atau alamat suatu situs.
G. Catatan / Note
Klik note untuk menulis catatan. Fungsi catatan ini sama halnya ketika guru berbicara di depan kelas. Klik send untuk mengirim catatan. Apabila berhasil, akan muncul tampilan sesuai catatan yang diketikkan.
H. Pengumuman / Alert
Pengumuman alert merupakan jenis note yang lebih sederhana, karena tidak memiliki lampiran berupa file, link maupun library. Biasanya alert digunakan untuk mengingatkan siswa akan batas waktu pengiriman tugas.
I. Penugasan / Assignment
Penugasan merupakan salah satu fitur yang membedakan Edmodo dengan jejaring sosial lain. Melalui fitur ini guru dapat memberikan tugas pada siswa dengan batasan waktu pengumpulan tugas, bahkan memberi penilaian pada tugas tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sentralisasi dan Desentralisasi Pendidikan, dan Manajemen Berbasis Sekolah

Intensitas Cahaya

KONSEP DASAR FILSAFAT PENDIDIKAN