Pentingnya Memilih Media Pembelajaran yang Tepat dalam Pembelajaran Fisika
Guru merupakan seseorang yang mempunyai peranan penting dalam
membangun dan mencerdaskan bangsa, oleh karena itu, guru harus
pintar-pintar dalam menentukan strategi pembelajaran yang akan
digunakannya dalam mengajar, supaya dapat tercapainya tujuan dari
pembelajaran itu sendiri. Salah satu upaya untuk meningkatkan
keefektifitasan dalam proses pembelajaran adalah media pembelajaran.
Pemanfaatan media pembelajaran sebisa mungkin dapat diterapkan oleh guru
di semua mata pelajaran, termasuk dalam pelajaran Fisika.
Seperti
yang kita ketahui, pembelajaran fisika bukan hanya pembelajaran yang
berisi kumpulan pengetahuan-pengetahuan yang berupa fakta, konsep atau
prinsip saja. Fisika juga merupakan pembelajaran yang mengharuskan
peserta dapat memahami secara khusus fenomena-fenomena yang terjadi pada
alam semesta untuk ditunjukkan secara langsung kepada peserta didik
supaya mereka dapat memahami alam sekitar secara ilmiah.
Poin
terpenting yang harus kita ingat adalah buku cetak hanya menampilkan
fenomena-fenomena alam yang berkaitan dengan fisika hanya dalam bentuk
cerita saja dan tidak dalam bentuk visual sehingga peserta didik kurang
maksimal dalam memahaminya.
Fenomena alam yang berkaitan dengan
fisika harus ditunjukkan secara langsung kepada peserta didik. Namun
fakta yang terjadi, tidak memungkinkan bagi seorang guru bisa mengajak
peserta didiknya untuk terjun langsung mengamati fenomena tersebut hanya
dalam waktu pertemuan yang sangat terbatas di kelas. Oleh karena itu,
guru harus sebisa mungkin menyiasati permasalahan yang ada dalam proses
belajar dan pembelajaran supaya materi dapat tersampaikan secara
menyeluruh kepada peserta didik. Dalam hal inilah, peran media sangat
dibutuhkan.
Media pembelajaran yang umumnya sering digunakan oleh
guru di sekolah adalah media berbasis manusia yaitu guru itu sendiri dan
media berbasis cetakan yaitu buku paket dan LKS. Padahal, media
pembelajaran itu bermacam-macam jenisnya. Selain dua jenis media
tersebut, terdapat media berbasis audio-visual yang bisa dimanfaatkan
oleh guru untuk menjelaskan fenomena-fenomena dalam pembelajaran fisika.
Media
berbasis audio visual dapat dijadikan sebagai alat bantu untuk
menyampaikan pesan atau informasi kepada peserta didik, sehingga peserta
didik tidak hanya membaca dari buku cetak dan mendengarkan penjelasan
dari guru saja. Akan tetapi, mereka juga bisa melihat dan mendengarkan
secara langsung materi yang diberikan.
Selain dapat dimanfaatkan
sebagai media untuk menunjukkan fenomena yang berkaitan dengan fisika,
media pembelajaran yang tepat dan bervariasi dalam proses pembelajaran
juga dapat meningkatkan motivasi serta menarik minat belajar peserta
didik, sehingga peserta didik tidak merasa jenuh dan bosan terhadap
materi yang disampaikan oleh guru di kelas.
Oleh karena itu, para
guru dan calon guru pilihlah media pembelajaran yang tepat dan relevan
supaya pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik dan yang terpenting
adalah peserta didik tidak merasa jenuh dengan pembelajaran fisika
sehingga dapat dengan mudah memahami konsep fisika yang ada.
SUMBER RUJUKAN:
https://www.kompasiana.com/cicifebriyanti8154/5b0a1a00ab12ae2d6411a512/pentingnya-memilih-media-pembelajaran-yang-tepat-dalam-pembelajaran-fisika
Komentar
Posting Komentar