Pentingnya Memilih Media Pembelajaran yang Tepat dalam Pembelajaran Fisika

Guru merupakan seseorang yang mempunyai peranan penting dalam membangun dan mencerdaskan bangsa, oleh karena itu, guru harus pintar-pintar dalam menentukan strategi pembelajaran yang akan digunakannya dalam mengajar, supaya dapat tercapainya tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Salah satu upaya untuk meningkatkan keefektifitasan dalam proses pembelajaran adalah media pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran sebisa mungkin dapat diterapkan oleh guru di semua mata pelajaran, termasuk dalam pelajaran Fisika.

Seperti yang kita ketahui, pembelajaran fisika bukan hanya pembelajaran yang berisi kumpulan pengetahuan-pengetahuan yang berupa fakta, konsep atau prinsip saja. Fisika juga merupakan pembelajaran yang mengharuskan peserta dapat memahami secara khusus fenomena-fenomena yang terjadi pada alam semesta untuk ditunjukkan secara langsung kepada peserta didik supaya mereka dapat memahami alam sekitar secara ilmiah. 

Poin terpenting yang harus kita ingat adalah buku cetak hanya menampilkan fenomena-fenomena alam yang berkaitan dengan fisika hanya dalam bentuk cerita saja dan tidak dalam bentuk visual sehingga peserta didik kurang maksimal dalam memahaminya.

Fenomena alam yang berkaitan dengan fisika harus ditunjukkan secara langsung kepada peserta didik. Namun fakta yang terjadi, tidak memungkinkan bagi seorang guru bisa mengajak peserta didiknya untuk terjun langsung mengamati fenomena tersebut hanya dalam waktu pertemuan yang sangat terbatas di kelas. Oleh karena itu, guru harus sebisa mungkin menyiasati permasalahan yang ada dalam proses belajar dan pembelajaran supaya materi dapat tersampaikan secara menyeluruh kepada peserta didik. Dalam hal inilah, peran media sangat dibutuhkan.

Media pembelajaran yang umumnya sering digunakan oleh guru di sekolah adalah media berbasis manusia yaitu guru itu sendiri dan media berbasis cetakan yaitu buku paket dan LKS. Padahal, media pembelajaran itu bermacam-macam jenisnya. Selain dua jenis media tersebut, terdapat media berbasis audio-visual yang bisa dimanfaatkan oleh guru untuk menjelaskan fenomena-fenomena dalam pembelajaran fisika.

Media berbasis audio visual dapat dijadikan sebagai alat bantu untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada peserta didik, sehingga peserta didik tidak hanya membaca dari buku cetak dan mendengarkan penjelasan dari guru saja. Akan tetapi, mereka juga bisa melihat dan mendengarkan secara langsung materi yang diberikan. 

Selain dapat dimanfaatkan sebagai media untuk menunjukkan fenomena yang berkaitan dengan fisika, media pembelajaran yang tepat dan bervariasi dalam proses pembelajaran juga dapat meningkatkan motivasi serta menarik minat belajar peserta didik, sehingga peserta didik tidak merasa jenuh dan bosan terhadap materi yang disampaikan oleh guru di kelas. 

Oleh karena itu, para guru dan calon guru pilihlah media pembelajaran yang tepat dan relevan supaya pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik dan yang terpenting adalah peserta didik tidak merasa jenuh dengan pembelajaran fisika sehingga dapat dengan mudah memahami konsep fisika yang ada.

SUMBER RUJUKAN:
https://www.kompasiana.com/cicifebriyanti8154/5b0a1a00ab12ae2d6411a512/pentingnya-memilih-media-pembelajaran-yang-tepat-dalam-pembelajaran-fisika

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sentralisasi dan Desentralisasi Pendidikan, dan Manajemen Berbasis Sekolah

Intensitas Cahaya

KONSEP DASAR FILSAFAT PENDIDIKAN